Selasa, 25 Oktober 2011

Profil PNPM Mandiri Perdesaan Rejang Lebong


Kabupaten Rejang Lebong merupakan bagian dari Propinsi Bengkulu merupakan  salah satu sasaran PNPM Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) yang pelaksanaannya baru dimulai dari tahun anggaran 2007 sampai dengan sekarang. Berdasarkan pembagian wilayah untuk Kabupaten Rejang Lebong terdiri dari 15 kecamatan dengan Ibukota Kabupaten adalah Curup, sedangkan luas wilayahnya 1.515,576 Km2.
Dari informasi yang diperoleh (Sumber : Bappeda Rejang Lebong), 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong mendapat bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM Mandiri) terdiri dari Mandiri Perdesaan; Mandiri Perkotaan, Infrastruktur Perdesaan dan PISEW yang kesemuanya di bawah koordinasi  Menkokesra RI.
Sedangkan sasaran Bantuan Langsung Masyarakat ( BLM ) untuk PNPM Mandiri Perdesaan ini sendiri hanya 5 kecamatan yaitu Kecamatan Kotapadang, Padang Ulak Tanding, Sindang Kelingi, Bermani Ulu dan Selupu Rejang dengan total jumlah desa/kelurahan adalah 63.
Tahun anggaran 2011 Kabupaten Rejang Lebong mendapat alokasi Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) dari Pemerintahan pusat (Sumber APBN) sebesar Rp. 10.800.000.000,- dan  Dana Daerah Urusan Bersama (DDUB) /Cost Sharing Kabupaten Rp. 2.700.000.000,- sehingga  jumlah keseluruhan adalah  Rp. 13.500.000.000,- (Tiga belas miliar lima ratus juta rupiah). Selain itu terdapat juga bantuan berupa dana perencanaan, pelatihan masyarakat, tugas pembantuan  dan pendamping administrasi proyek/program dari Pemerintah Daerah.
            Tahun anggaran 2011 Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan banyak mengalami perubahan-perubahan baik mengenai strategi program, pelaku-pelaku, dan kebijakan-kebijakan umum lainnya.  Untuk percepatan pelaksanaan program dipacu melalui strategi optimalisasi. Pelaku-pelaku bertambah seperti adanya setrawan baik dari tingkat kecamatan maupun kabupaten dan propinsi. Dalam rangka efisiensi dan keberlanjutan program serta penyatuan kedalam perencanaan reguler dilakukan pola integrasi  yang diaplikasikan melallui fasilitasi penyusunan Dokumen RPJMDes dan RKP tahun 2011.


Photo-photo Kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan Kab. Rejang Lebong


Pembangunan Jalan Rabat Beton di Kecamatan Bermani Ulu




Pengembangan Usaha Anyaman Bambu melalui kegiatan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan


Pengembangan Usaha Gula Aren melalui kegiatan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan



Pengembangan Usaha Pembuatan Keripik Kentang Merah melalui kegiatan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan






Pengembangan UsahaWarung Nasi melalui kegiatan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan




Pembangunan Jembatan Gantung di Kecamatan Padang Ulak Tanding



Kebiatan Pemberian Bantuan Beasiswa kepada anak-anak yang kurang mampu di kecamatan Bermani Ulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar